Posts Subscribe comment Comments

SANDAL RASULULLAH DAN RAHASIA WARNANYA

 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjfPe5d98PTuU5rA06Bcz_ApRJDJVbHmyfhIsRyKR-dkZA3M28OlfJD96lWZFiYjNxcV9I3sgK7Ew5_SBz3OKQ1wVy-9K7Y0UJho7iRpG8xR2gHzHxKrDfnJQQLZ_918tMQSCHXVAgkvA3o/s1600/Bentuk+Sandal+Rasulullah.jpgSyekh Yusuf Ismail An-Nabhani dalam Kitab Mitsālun-Na’li Asy-Syarif menyatakan bahwa sandal Rasulullah SAW itu terbuat dari kulit yang dirangkap menggunakan dua 'tancapan' seperti batang dari kulit yang dinamakan qibal. Yang satu dimasukkan antara ibu jari dan jari yang didekatnya, dan yang satunya lagi dimasukkan antara jari tengah dan jari yang ada didekatnya. Dua 'tancapan' tadi dihubungkan dengan sebuah bingkai berbentuk yang disesuaikan dengan ukuran kaki, yang ada di atas telapak kaki. Tungkainya juga memakai sebuah bingkai berbentuk yang disesuaikan dengan ukuran kaki yang mencakup hingga seluruh telapak kaki.
Adapun warna sandal Rasulullah SAW adalah BERWARNA KUNING. Gambaran tersebut sudah diuji kebenarannya oleh Ibnu 'Araby, Ibnu 'Asākir, Ibnu Marzuqi al-Fāruqi, as-Syuyūthi, as-Sakhāwi, dan at-Tata’i. Sandal tersebut ditunjukkan langsung oleh Siti Aisyah.
Prof. Dr. Quraish Shihab mengungkapkan bahwa Nabi Muhammad adalah orang yang sangat sederhana. Hartanya yang paling berharga adalah sepasang alas-kaki (sandal) yang warnanya kuning sebagai hadiah dari Raja Negus di Abbissinia. (Lihat buku "Lentera Al-Qur'an")

Filosofi warna kuning

Warna kuning itu mengandung makna sebagai berikut:
1.       Simbol pencerahan (التنوير)
2.       Simbol kebijaksanaan (الحكمة)
3.       Simbol antusiasme (الحماسة)
4.       Simbol optimisme (التفاؤل)
5.       Simbol harapan (الآمل)
6.       Simbol kesenangan (المرح)
7.       Simbol kejelasan (الوضوح)
8.       Simbol keyakinan (الثقة)
9.       Simbol matahari dan emas (الشمس والذهب)

Keterangan para sahabat tentang warna kuning

(1)
أَنَّ اِبْنَ عَبَّاسٍ كَانَ يَحُضُّ عَلىَ لِباَسِ النِّعَالِ الصُّفْرِ، وَكَانَ يَقُوْلُ:
الصُّفْرَةُ تَسُرُّ النَّفْسَ
Artinya :
Sesungguhnya Ibnu Abbas menganjurkan untuk memakai sandal-sandal yang berwarna kuning, sehingga ia berkata: "warna kuning itu dapat menyenangkan jiwa".
( Lihat kitab "Al-Jāmi’ li Ahkāmil Qur'an"
karangan Imam Al-Qurthubi Juz I hlm. 451 )

(2)
عَنْ عَلِيٍّ كَرَّمَ اللهُ وَجْهَهُ، أَنَّهُ كَانَ يَرْغَبُ فِي النِّعَالِ الصُّفْرِ وَيَقُوْلُ:
مَنْ لَبِسَ نَعْلاً أَصْفَرَ قَلَّ هَمُّهُ
Artinya :
Dari sahabat Ali karromallahu wajhah, sesungguhnya ia senang memakai sandal-sandal berwarna kuning, sehingga berkata, "Barangsiapa yang memakai sandal berwarna kuning maka menunjukkan sedikit kesusahannya".
( Lihat kitab "Majma’ul Bayan"
karangan Ath-Thabrasi Juz I hlm. 302;
dan lihat pula kitab "Al-Kasysyāf"
karangan Az-Zamakhsyari Juz I hlm. 178 )

Tafsir para Ulama tentang warna kuning

قَالُواادْعُ لَنَا رَبَّكَ يُبَيِّنْ لَّنَا ماَ لَوْنُهَا, قَالَ إِنَّه ُيَقُوْلُ
إِنَّهَا بَقَرَةٌ صَفْرَآءُ فَاقِعٌ لَّوْنُهَا تَسُرُّ النَّاظِرِيْنَ
Artinya :
Mereka berkata, "Mohonkanlah kepada Tuhanmu untuk Kami agar Dia menerangkan kepada Kami apa warnanya". Musa menjawab, "Sesungguhnya Allah berfirman bahwa sapi betina itu adalah sapi betina yang kuning, yang kuning tua warnanya, lagi menyenangkan orang-orang yang memandangnya."

Ayat di atas ditafsirkan oleh Imam Ibnu 'Āsyūr dalam kitab "At-Tahrir wa At-Tanwir" Juz I hlm. 535 :

وَلَيْسَ لَوْنُ اْلبَقَرَةِ اْلأَصْفَرِ ِلإِدْخَالِ اْلبَهْجَةِ وَالسُّرُوْرِعَلىَ النَّاظِرِ فَحَسْبُ،
بَلْ هُوَدَلِيْلٌ عَلىَ صِحَّةِ اْلبَقَرَةِ وَسَلاَمَتِهِ مِنَ اْلعُيُوْبِ، فَقَدْ قَرَّرَتْ أُصُوْلُ عِلْمِ الطِّبِّ اْلبَيْطَرِيِّ أَنَّ خَيْرَ اْلأَبْقَارِ وَأَفْضَلَهَا هُوَمَاكَانَ لَوْنُهَا شَدِيْدَ الصُّفْرَةِ فِي صَفَاءٍ (فَاقِعٍ) وَأَنَّهُ عَلىَ قَدْرِ صَفَاءِ اللَّوْنِ، وَسَلاَمَةُ اْلأَسْنَانِ تَكُوْنُ صِحَّةَ اْلبَقَرَةِ.
Artinya :
Sapi betina yang berwarna kuning itu bukan saja menunjukkan kebagusan, kesenangan bagi orang yang memandangnya, tetapi juga sebagai indikasi sapi yang sehat, dan selamat dari cacat. Hal ini telah ditetapkan dalam pedoman-pedoman ilmu kedokteran hewan, bahwa sapi-sapi yang baik dan unggul itu warnanya kuning tua, dan itu didasarkan ketuaan warnanya; begitu pula apabila sehat giginya menunjukkan sapi betina itu sehat.